Kamis, 11 Februari 2016
Tips Modifikasi dengan Penggunaan parts eks moge (limbah Moge)
Selamat siang bro..sis...om..tante,,dkk...
Modifikasi..adalah proses atau tahap merubah sesuatu sesuai dengan keinginan kita...Dalam hal ini saya mencoba sedikit memberikan tips tips untuk modifikasi kuda besi/ kendaraan roda dua yang sering kita lakukan....dalam hal ini...tentang bagaimana tips modifikasi kaki kaki kuda besi dengan menggunakan kaki kaki eks moge atau biasa orang sebut dengan LIMBAH MOGE...
Biasanya modifikasi seperti ini dilakukan untuk memperkokoh kaki kaki kuda besi,,,namun selain itu pastinya juga untuk mempercantik tampilan kuda besi kita...Di Pasaran Lokal/ aftermarket parts memang banyak tersedia parts parts aftermarket yang support untuk type modifikasi seperti ini (modifikasi kaki kaki) yang dengan kata lain barangnya adalah barang baru dengan berbagai bentuk,,harga,,dan berbagai kualitas pastinya (aftermarket)....
Namun dalam artikel ini..saya akan membahas soal bagaimana memodifikasi dengan menggunakan kaki kaki eks moge ( velg, swingarm, shock depan dan part part kecil penunjang lainnya). Sebelum kita panjang lebar membahasnya...mungkin ada baiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu Limbah eks moge/ parts eks moge....
Limbah eks moge/ Parts eks moge adalah barang copotan/ lepasan eks moge yang biasanya di import dari luar negeri (dari USA,Eropa atau bahkan ada yang bilang dari jepang...tergantung bagaimana kita melihatnya) atau mungkin ada parts parts eks moge yang sudah available di lokal melalui importir importir/pedagang lokal yang ada...atau mungkin copotan langsung dari moge moge yang ada di pasaran lokal yang biasanya di preteli karna permasalahan di mesin yang jika dihitung untuk perbaikan akan lebih banyak memakan biaya,,makanya partsnya di preteli untuk di jual kembali....
Soal kondisi dan kelayakan pakai pastinya bervariatif.....harga pun bervariatif pastinya...(kalau kata orang,,,ada kualitas dan ada bentuk ya ...ada harga)
Ok..saya rasa cukup untuk pemahaman apa itu parts eks moge.....
Selanjutnya mari kita bahas soal bagaimana pemilihan parts eks moge sebelum kita membeli....mengaplikasi dan menggunakannya di kuda besi kita ...
** untuk part swingarm...
Baiknya kita pilih barang yang masih lengkap dan minusnya seminim mungkin,,,dan jangan mencoba untuik memakai swingarm yang bengkok/melintir di bagian as roda/ as poros (bisa di buktikan dengan memasang as roda/ as poros untuk membuktikan kelurusannya)....karna jika bengkok maka as roda/ as poros akan sulit masuk dengan normal....
jika lurus maka selanjutnya kita lihat kelengkapannya...baik as roda,chain pad,chain cover,mud cover dan kaliper,monoshock dan linkage (harga biasanya berpengaruh dari kelengkapan ini) dan ketika kita melakukan modifikasi dengan kondisi parts yang tidak lengkap, biasanya akan sedikit menemukan kesulitan untuk mencari kelengkapannya secara terpisah.....good part good quality dengan kelengkapan yang maksimal deh....thats the point
*** untuk parts wheel set/ velg
untuk bagian wheel set/ velg...sebisa mungkin gunakanlah velg yang masih dengan kondisi prima (tidak peang, bengkok,speleng atau eks repair). Jika hanya lecet cat ya no problemo.....dan gunakanlah velg yang dengan kondisi dan kelengkapannya masih lengkap dan prima (disc,gear dan boshing boshing)....kembali lagi soal harga,,,harga ya tergantung kondisi dan kelengkapan...
*** untuk suspensi depan dan belakang ( upsidedown,telescopik,monoshock)
untuk parts ini harus benar benar teliti...jgn sampai ada kata "BENT/BENGKOK atau SCRATCH yang parah pada as chrome dan pastikan juga kondisi seal seal (inner seal dan dust seal ) masih ok.
Selama kerusakan hanya karna seal yang aus atau keras...itu bisa diatasi dengan penggantian seal seal tersebut,,tapi jangan lupa untuk MEMASTIKAN bahwa yang rusak benar benar hanya seal...bukan as chrome yang scrath atau bengkok.....begitu juga dengan suspensi belakang atau monoshock,,,jangan sampai memakai monoshock dalam keadaan bocor atau rembes...karna parts tersebut tentunya tidak akan berfungsi secara normal nantinya jika ada cacat yang fatal....
**** untuk proses aplikasi
Setelah kita pastikan setiap part yang akan kita instal/ aplikasi dalam kondisi baik dan layak pakai...saatnya untuk memulai proses pengaplikasian/ instalasi ke motor/kuda besi kita...
Pastikan melakukan pengukuran yang presisi sebelum mengeksekusi parts eks moge untuk diaplikasi ke motor karna kita akan melakukan proses instalasi dari part yang berbeda pastinya dengan parts asli motor kita...karna ketika kita salah dalam perhitungan maka akan menyebabkan hal yang fatal dan menyebabkan parts moge yang kita aplikasi akan rusak (barang yang sudah dipotong dan berkurang pastinya akan sulit untuk mengembalikannya kembali menjadi normal)
untuk itu...baiknya dalam proses aplikasi kita memilih mekanik/ eksekutor yang handal dan sudah berpengalaman...bukan sekedar yang "BISA"...tapi benar benar bisa dan berpengalaman sehingga bisa meminimalisi kesalahan dalam proses aplikasi.....dan semaksimal mgkin untuk tidak melakukan perubahan konstruksi pada motor kita,,,karna modifikasi yang penting adalah bagaimana memasang parts eks moge ke motor dengan tanpa mengurangi sisi keorisinilan motor..supaya sewaktu waktu jika kita ingin kembalikan motor ke dalam bentuk normal/orisinil kita tidak akan menemukan kendala yang berarti...
Sekalipun harus merubah konstruksi,,ya itu dilakukan dengan pertimbangan dan pengukuran yang matang.....
**** Proses perawatan/maintenance
setelah teraplikasi dengan baik,,,untuk proses perawatan kita bisa melakukan pengechekan secara berkala dari parts parts yang sudah diaplikasikan...misalkan tetap perhatikan kondisi baut baut yang terpasang,,jangan sampai kendor dan untuk bagian yang membutuhkan pelumasan ya agar dijaga tingkat efektifitas pelumasnya ( upsidedown/teleskopik)
Demikian sedikit tips dlam pengaplikasian part eks moge ke motor ...semoga bisa memberikan manfaat.....
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar